Tak Mau Kucing Anda Stress, Pahami 5 Cara Bayi Kucing Bermain

Cara Bayi Kucing Bermain
Lifestyle

Banyak jenis hewan yang dapat dijadikan binatang peliharaan. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan dengan raut wajah yang lucu dan tingkahnya yang sangat menggemaskan. Sangat menyenangkan apabila Anda mempunyai kucing yang masih bayi, di mana ia masih lucu dan penurut tentunya. Akan tetapi, di balik kelucuannya tersebut ada hal yang harus Anda perhatikan. Kucing kecil sangat membutuhkan perhatian khusus. Apakah itu?

Selain perlindungan induknya, bayi kucing yang dipelihara juga harus menyesuaikan dengan situasi rumah Anda. Untuk itu, berikan perhatian menyeluruh kepadanya. Bayi kucing gampang-gampang susah dalam bersosialisasi. Apabila ia tidak merasa aman, nyaman, dan tenang, maka dapat berpotensi mengalami stress. Tentunya Anda tak ingin kucing Anda mengalami stress, bukan? Mengajak bayi kucing bermain dapat memberikannya rasa nyaman, sehingga stress tidak akan terjadi. Berikut ini 5 cara bayi kucing bermain yang dapat Anda coba.

  1. Lempar Tangkap

Permainan dapat memberikan hiburan bagi bayi kucing. Anda dapat mengajaknya bermain lempar tangkap dengan benda yang dianggap menarik oleh kucing. Anda dapat menggunakan bola kecil, karet rambut, atau aksesoris manik-manik lainnya. Agar lebih menarik, gunakan benda yang full colour.

Kegiatan yang dilakukan oleh pemilik bersama hewan peliharaan sangat mengasyikkan, sekaligus mampu mempererat hubungan di antara keduanya. Dengan demikian, kucing tidak akan merasa tertekan dengan lingkungan barunya. Bayi kucing akan lebih akrab dengan pemiliknya dan lingkungan sekitarnya.

  1. Mengejar Buruan

Kucing sangat suka berburu hewan lain sebagai makanannya. Nalurinya untuk melakukan perilaku alamiah ini sudah ada sejak kecil, maka tak heran jika bayi kucing sudah bisa tertarik dengan permainan berburu. Anda bisa mengajarkannya pada bayi kucing Anda. Mau tahu caranya? Berikan mainan yang seolah-olah berperan sebagai hewan buruan. Ikatlah dengan tali dan seretlah di lantai seolah mangsa yang kabur dari kejaran predatornya.

Bagaimana respon kucing? Setelah menyaksikan hal itu, kucing akan tertarik dan mengamatinya. Setelah itu, ia akan mengendap-endap, lalu mengejar hingga mendapatkannya. Serangkaian respon ini persis seperti menangkap hewan buruan. Bayi kucing bisa memperoleh kegembiraan dengan hiburan yang Anda berikan ini.

  1. Bermain dengan Makanan

Makanan dapat dijadikan umpan yang efektif dalam menarik perhatian kucing. Untuk bayi kucing, berikan makanan favoritnya, misalnya biskuit. Anda dapat melemparkannya ke suatu arah dan kucing akan berlari mengejarnya. Hal ini dapat mengisi kegiatan kucing sehari-hari, sehingga ia tidak akan merasa bosan. Kesibukannya bermain akan menghadirkannya pada kenyamanan yang sesungguhnya.

Kegiatan bermain dengan makanan ini juga mempunyai sisi positif sebagai motivator. Bagaimana bisa? Melempar makanan kesukaan ke suatu arah akan menjadi motivasi bagi si kucing untuk menangkap makanan tersebut kemudian melahapnya. Manfaatnya, bayi kucing akan terbiasa berusaha untuk mendapatkan makanannya.

  1. Jalan Santai

Rasa ketergantungan dan rasa takutnya perlu diminimalisir guna menghindari kemungkinan timbulnya stress atau tekanan. Jalan-jalan santai merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kucing merasa terhibur. Dengan melihat pemandangan di lingkungan sekitar rumah, ia akan menikmati suasana bebas dan merasa sangat rileks. Rasa nyaman akan dirasakan oleh si bayi kucing, terlebih jika Anda melakukannya secara rutin.

Jalan santai sore dapat menjadi pilihan, karena tidak panas dan merupakan waktu luang bagi Anda. Saat libur, bolehlah Anda mengajaknya ikut serta saat jogging, asalkan jangan sampai lalai dalam menjaganya. Tetap berikan pengawasan pada bayi kucing setiap saat.

  1. Benda yang Digantung

Benda yang digantung sangat digemari kucing, terlebih bayi kucing. Kucing yang masih bayi sangat senang untuk memainkan benda-benda bergerak. Anda dapat menggantungkan berbagai benda kecil, seperti pita, karet gelang, ataupun jepit rambut, dan goyang-goyangkan benda tersebut. Tunggulah reaksi bayi kucing Anda dalam beberapa saat. Tentu ia akan tertarik, mengamatinya, dan mulai memainkannya.

Memberikan berbagai permainan dan bersantai merupakan sarana untuk menghibur bayi kucing dan memberikan kegiatan untuknya. Masa kecil kucing sama dengan manusia, di mana memang membutuhkan bermain untuk mengisi waktunya. Cara bayi kucing bermain dengan berbagai permainan seperti yang telah dijelaskan di atas dapat Anda coba dan sesuaikan dengan kegemaran si kucing. Let’s play with your kitten…!

Sharing is caring!

Lifestyle
Perkembangan Model Baju Batik Terbaru Yang Melegenda

Kekayaan budaya baju batik terbaru dengan berbagai model dan motif yang ada di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Disetiap daerah yang ada di Indonesia biasanya baju batik yang mereka memiliki ciri khas yang ditampilkan dengan motif sendiri-sendiri. Sehingga tidak salah apabila motif setiap baju batik dari berbagai daerah di …

Lifestyle
Tips Dan Trik Bermain Clash of Clans Untuk Naik Level Ke Base TH 8

Setelah menyelesaikan level base th 7, kini saatnya anda naik level ke base th 8. Seperti yang sudah anda ketahui, kalau bermain game clash of clans ini membutuhkan strategi yang tepat. Semakin tinggi levelnya akan semakin sulit tantangan yang dihadapi. Di base town hall 8 ini, akan lebih banyak serangan …

shares