Ingin Wisata Religi? Persiapkan Hal Berikut Ini

Ingin Wisata Religi Persiapkan Hal Berikut Ini
Traveling

Sudah menyiapkan rencana untuk wisata? Sudah siap untuk membeli tiket kereta ataupun tiket pesawat tapi masih bingung akan berwisata kemana?

Wisata tak selalu harus identik dengan kegiatan hura-hura dan mewah, loh! Anda juga bisa berwisata untuk menambah wawasan dengan wisata sejarah dan wisata budaya dengan mengunjungi museum maupun situs bersejarah. Jika Anda ingin lebih mendekatkan diri ke Sang Pencipta, Anda juga bisa mencoba wisata religi. Apasih sebenarnya wistaa religi itu?

Wisata religi seperti pada umumnya wisata, Anda akan berkeliling mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai religi. Jika pada wisata biasa Anda akan mengunjungi tempat-tempat berwisata seperti pantai, gunung, perkebunan dan lain-lain. Di wisata religi, Anda akan mengunjungi tempat-tempat religius yang bersejarah. Misalnya ziarah ke makam wali songo, mengunjungu masjid-masjid bersejarah untuk agama Islam ataupun mengunjungi kuil, goa pertapaan untuk yang beragama Budha. Bisa juga mengunjungi candi-candi yang banyak tersebar di Pulau Jawa untuk Anda yang beragama Hindu. Semua tempat bisa disesuaikan dengan nilai religi kepercayaan masing-masing.

Wisata religi kini menjadi salah satu jenis wisata yang tengah digandrungi banyak orang. Kalau Anda termasuk orang yang menyukai berwisata, jangan sampai Anda melewatkan sensasi wisata religi yang tak kalah istimewa. Karena tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda yang akan membuat Anda merasa lebih rileks sekaligus lebih khidmat dalam beribadah.

Jika Anda tertarik untuk merencanakan perjalanan wisata religi dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini :

Sesuaikan Jadwal Religi dengan Jadwal Anda

Jika Anda memiliki kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari seperti bekerja, Anda harus terlebih dahulu menyocokan jadwal Anda dengan jadwal Anda saat akan berwisata. Karena biasanya jadwal religi memiliki waktu-waktu tertentu. Misalnya banyak dibuka pada saat ada acara perayaan keagamaan. Apalagi biasanya tempat-tempat religi tersebut berada di tempat yang jauh dari pusat kota yang tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berwisata. Anda harus bisa mengosongkan waktu khusus agar wisata religi Anda tetap berjalan khidmat tanpa terganggu pekerjaan.

Cari tahu Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Sebelum pergi berwisata religi, alangkah baiknya jika terlebih dahulu Anda mencari tau informasi seputar wisata religi dan tempat yang akan Anda kunjungi. Karena tidak seperti tempat-tempat wisata umum lainnya, ada tempat wisata religi yang memiliki peraturan-peraturan khusus. Contohnya saja dalam pemakaian kamera. Ada tempat yang memang tidak memperbolehkan pengunjungnya untuk mengabadikan foto dengan kameranya. Anda tentu harus pahami betul mengenai aturan ini untuk tidak sembarangan memotret di tempat wisata. Anda juga harus mengikuti aturan tersebut untuk menghormati para warga sekitar dan leluhur. Jika Anda kurang yakin mengenai aturan-aturannya, Anda bisa menanyakan kepada pemandu wisata yang biasanya warga lokal mengenai izin memotret di tempat wisata religi tersebut.

Niatkan Diri Anda untuk Beribadah

Meskipun namanya wisata, namun Anda perlu ingat bahwa tujuan utama anda untuk wisata religi adalah untuk menambah keimanan dengan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Untuk itu, anda harus luruskan niat agar ibadah Anda saat berwisata religi akan khusyu. Sebisa mungkin untuk menghindari memamerkan kegiatan wisata religi Anda di sosial media. Fokuskan kegiatan Anda dengan aktivitas religi yang telah direncanakan. Jangan lupa juga untuk selalu berpakaian sopan, berprilaku santun dan menjaga perkataan.

Tertarik mencoba wisata religi? Yuk segera rencanakan!

Sharing is caring!

shares